Info Kesehatan

RSIA. Sitti khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Menggelar Workshop Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit Dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

Rabu 2022-11-23 10:13:57

RSIA. Sitti khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar Menggelar Workshop Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit Dan Penanggulangan Bencana Kebakaran

TIM K3RS atau Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar menggelar Workshop Manajemen Risiko K3 Rumah Sakit dan Penanggulangan Bencana di Rumah Sakit pada pada tanggal 16 - 17 November 2022. Acara yang digelar selama 2 hari ini bekerjasama dengan Perkumpulan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia (PAKKI) dan Damkar Kota Makassar.

Direktur RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar, dr. Jusli, M.Kes, Sp.A(K) dalam keterangannya mengatakan, manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di rumah sakit adalah bagian dari manajemen rumah sakit secara keseluruan dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan aktivitas proses kerja di rumah sakit. K3RS adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan bagi sumber daya manusia rumah sakit, pasien, pendamping pasien, pengunjung, maupun lingkungan rumah sakit. Yakni melalui upaya pencegahan kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja di rumah sakit,’’ katanya.

Pengertian tersebut sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2016 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Rumah Sakit. ’’Kita melakukan pelatihan K3RS ini setiap tahun untuk melatih tenaga-tenaga baru yang ada di RS. Serta untuk mengingatkan kembali kepada karyawan lama tentang pentingnya keselamatan dalam bekerja di rumah sakit,’’ ujar dr. Jusli.

Ketua Tim PAKKI Sulawesia Selatan yang diwakili oleh Bapak Arianto B Saung, SKM, M.Kes mengatakan, bahwa rumah sakit sebagai salah satu publik area tidak mustahil menghadapi bahaya. Olehnya itu, perlu disusun suatu acuan atau pedoman bagi seluruh pegawai rumah sakit untuk menghadapi suatu bencana yang mungkin akan terjadi di rumah sakit. Kegiatan pelatihan ini tidak lain yaitu bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

Materi yang diberikan antara lain SMK3 RS, yang kedua, adalah pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3), yang ketiga, adalah pengelolaan peralatan medik dari aspek K3. Keempat, pengelolaan system utilitas dari aspek K3. Kelima, fire safety dan darurat bencana. Keenam, keselamatan dan bencana. Ketujuh, Skill APAR. Kedelapan, Simulasi Code Red. dan diakhiri dengan simulasi kedaruratan Bersama Tim Damkar.

Pelatihan ini akan dilakukan selama 2 hari yang bertujuan agar semua karyawan mendapatkan pelatihan masing-masing. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan semua karyawan Rumah Sakit bisa mengantisipasi apabila terjadi bencana sesuai dengan protokol keselamatan kerja yang ada di RSIA. Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar.